BIOEKOLOGI HAMA RUMAH TANGGA

(Periplaneta americana), famili Blattidae, ordo Orthoptera.

BIOLOGI KECOA

Kecoa merupakan serangga dengan bentuk tubuh oval, pipih dorso-ventral. Kepalanya tersembunyi di bawah pronotum, dilengkapi dengan sepasang mata majemuk dan satu mata tunggal, antena panjang, sayap dua pasang, dan tiga pasang kaki. Pronotum dan sayap licin, tidak berambut dan tidak bersisik, berwarna coklat sampai coklat tua. Kecoa merupakan serangga primitif yang keberadaannya diperkirakan telah ada sejak 200 juta tahun yang lalu. Penyebarannya yang luas karena dukungan kemampuan adaptasinya terhadap lingkungan yang sangat tinggi.

Diketahui jumlah spesies kecoak di dunia berkisar kurang lebih 3.500 species, 4 (empat) spesies diantaranya, umum dijumpai pada lingkungan sekitar kita yaitu Periplaneta americana (American Cockroach), Blattela germanica (German Cockroach), Blatta orientalis (Oriental Cockroach), dan Supella langipalpa (Brown Banded Cockroach).

Kecoa adalah serangga dengan metamorfosa tidak lengkap, hanya melalui tiga stadia (tingkatan), yaitu stadium telur, stadium nimfa dan stadium dewasa yang dapat dibedakan jenis jantan dan betinanya.

TELUR

Telur kecoa berada dalam kelompok yang dibungkus oleh selaput keras, kelompok telur kecoa tersebut dikenal sebagai kapsul telur atau (Ootheca). Kapsul telur dihasilkan oleh kecoa betina dan diletakkan pada tempat tersembunyi atau pada sudut-sudut dan pemukaan sekatan kayu hingga menetas. Waktu yang diperlukan oleh kecoak untuk menetas telurnya rata-rata sampai dengan 32 hari.

NIMFA

Dari kapsul telur yang telah dibuahi akan menetas menjadi nimfa yang hidup bebas dan bergerak aktif. Nimfa yang baru keluar dari kapsul telur berwarna putih seperti butiran beras, kemudian berangsur-angsur berubah menjadi berwarna coklat, Nimfa tersebut berkembang melalui sederetan instar dengan 13 kali i berganti kutikula sehingga mencapai stadium dewasa. perkembangan nimfa setelah menetas berkisar antar 5 sampai 6 bulan hingga menjadi serangga dewasa.

IMAGO

Imago kemudian berkopulasi dan satu minggu kemudian menghasilkan kapsul telur yang pertama sehingga daur hidup P americana memerlukan waktu rata-rata 7 bulan. Seekor P.americana betina dapat menghasilkan telur hingga 86 kapsul telur, dengan selang waktu peletakkan kapsul telur yang satu dengan kapsul telur berikutnya rata-rata 4 hari

Periplanetta americana Linnaeus dewasa dapat dikenal dengan adanya perubahan dari tidak bersayap pada stadium nimfa menjadi bersayap pada stadium dewasanya pada P.Americana yang dewasa terdapat dua pasang sayap baik pada yang jantan maupun betinanya.

EKOLOGI

Banyak spesies kecoa di seluruh dunia, beberapa diantaranya berada di dalam rumah dan sering didapatkan di restoran, hotel, rumah sakit, gudang, kantor dan perpustakaan.

Kecoa kebanyakan terdapat di daerah tropika yang kemudian menyebar ke daerah sub tropika atau sampai kedaerah dingin. Pada umumnya tinggal didalam rumah-rumah makan segala macam bahan, mengotori makanan manusia, berbau tidak sedap. Kebanyakan kecoa dapat terbang, tetapi mereka tergolong pelari cepat (“ cursorial“), dapat bergerak cepat, aktif pada malam hari, metamorfosa tidak lengkap, Kerusakan yang ditimbulkan oleh kecoa relatif sedikit, tetapi adanya kecoa menunjukkan bahwa sanitasi didalam rumah menjadi kurang baik.

Hubungan kecoa dengan berbagai penyakit belum jelas, tetapi menimbulkan gangguan yang cukup serius, karena dapat merusak pakaian, buku-buku dan mencemari makanan. Kemungkinan dapat menularkan penyakit secara mekanik karena pernah ditemukan telur cacing, protozoa, virus dan jamur pathogen pada tubuh kecoa.

DAFTAR PUSTAKA

Soekirno Mardjan, 2003. Produktivitas dan Mortalitas Periplaneta americana di Laboratorium. Jumal Ekologi Kesehatan Vo12 No 3, Desember 2003. Hal 290-298

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s